Kebiasaan dan Hal Unik yang Cuma ada di Indonesia

Wednesday, February 14th 2018 - Entertainment & Travel

PESTADISKON, JAKARTA - Tanah air tercinta kita memang kadang kala menyebalkan, terutama macet dan masyarakatnya yang kadang tidak tertib dan disiplin, namun selain hal tersebut ternyata banyak hal yang membuat kita jadi orang yang Indonesia banget. Beberapa hal saking uniknya kalau kita ke luar Negeri pasti sangat merindukan keunikan yang ada di Tanah air ini, atau bahkan menrindukan hal-hal seperti macet dan lainnya.

Mungkin kalian punya kebiasaan atau hal yang biasa kalian lakukan yang belum tentu bisa kalian jumpai di negara lain seperti pedagang keliling, ngutang di kantin, parkir sembarangan, dan masih banyak lagi yang lainnya. memang semua kebiasaan dan hal- hal yang mengenai Indonesia tidaklah positif, namun layaknya orang tua kepada anaknya, senakal dan semenyebalkannya masyarakat kita pasti tetap selalu akan sayang kepada tanah air tercinta kita, Indonesia.

Nah, mungkin kalian punya cerita masing-masing mengani kebiasaan dan hal-hal unik mengenai Indonesia, namun kita sudah merangkum beberapa kebiasaan yang indonesia banget, berikut artikel selengkapnya

Belum Makan Kalau Belum Makan Nasi


foto
Tidak dipungkiri lagi bahwa nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Namun ada satu hal aneh dan unik tentang nasi yang terjadi di Indonesia. Kebanyakan menganggap sebanyak apapun makanan yang dimakan tapi jika tanpa nasi, hal tersebut belum dikatakan sebagai makan. Padahal sudah memakan makanan seperti kentang goreng, hamburger, pizza, dan kue tart, hal tersebut belumlah dikatakan sebagai makan kalau belum makan nasi.

Masuk Angin dan Kerokan


foto
Hal yang paling unik yang cuma ada di Indonesia adalah penyakit masuk angin dan sembuhnya dengan cara kerokan. Hal unik ini ibarat habis makan itu harus minum. Kalau ada orang asing atau turis mancanegara, mereka juga heran dengan penyakit yang sering kali melanda kita sebagai orang Indonesia, yaitu sakit ‘masuk angin’. Orang tua kita juga sering menyarankan kalau keluar malam harus pakai jaket agar tidak masuk angin atau kalau hujan kepalanya ditutupin biat gak masuk angin. Ada lagi guys saran orang tua kalian agar tidak masuk angin? Untuk mengatasi penyakit masuk angin hanya ada satu jawabannya “kerokan”. Merasa belum enak badannya walaupun sudah minum obat jika belum kerokan. Kerokan hanya dilakukan oleh orang pedesaan? Orang awam? Tidak. Bahkan orang perkotaan pun masih banyak yang menggunakan kebiasaan ini. Kerokan merupakan suatu bentuk penyembuhan yang mengerikan bagi orang luar negeri. Kayak bekas dicambuk, kali! Kalau orang Indonesia biasa dikerokin sebagai solusi masuk angin. Lalu bagaimana kalau orang Indonesia masuk angin di luar negeri, kira-kira orang sana ada yang tau cara kerokan?

Pesan dan Gambar Kreatif di Truk


foto
Kalau kita pergi keluar kota pasti suka lihat bagian belakang truk atau kontainer punya quote atau gambar unik. Ketika kalian lihat pasti ada tulisan yang dapat membuat orang yang membacanya tertawa, iya nggak? Entah siapa yang memulai hal aneh tersebut, sepertinya hal tersebut ini tidak terlalu mengganggu orang lain. Malah sebaliknya sebagai obat stress karena menjadi bahan hiburan bagi siapa saja yang melihat dan membacanya. Contohnya, seksi). “Pemburu Janda!”. “Pulang malu tidak pulang rindu,”,“Antar istri, jemput pacar,”. “Dirarang merokok saat sebelum ngopi!”. Hal seperti ini mungkin ada di berbagai negara lain, namun tetap saja, jika melihat ini hal di negara lain, pasti langsung inget sama truk yang ada di Indonesia.

Angkutan Umum ‘Ngetem’


foto
Kalian pernah keluar negeri guys? kalau pernah, di negara mana yang punya mobil-mobil mini bus dijadikan angkutan umum? Hanya di Indonesia mobil-mobil jenis mini bus dijadikan angkutan umum atau biasa disapa angkot. Jumlah angkot di Indonesia semakin banyak sehingga menimbulkan kemacetan. Dan kebiasaan buruk angkot yang sering membuat masyarakat kesal adalah ngetem alias menunggu penumpang. Di negara mana yang punya kendaraan angkutan umum yang ngetem selain Indonesia? Pasti kalian semua pada tau ngetem itu apa. Yups ngetem itu momen dimana supir dari angkutan publik yang kita naiki memutuskan untuk menghentikan kendaraannya dalam waktu yang cukup lama, berharap nantinya akan ada tambahan orang yang menjadi penumpang. Lain halnya dengan orang dari negara maju yang biasa menggunakan angkutan publik yang tertib dan disiplin waktu.

Memiliki Banyak Suku dan Bahasa


foto
Ada yang bilang, di luar negeri, jika pergi 1000 km dari rumah maka akan tetap menggunakan bahasa yang sama. Namun beda jika di Indonesia, 1000 km pergi dari rumah kita sudah berada di tempat yang memiliki bahasa yang berbeda dari tempat kita tinggal. Walaupun kita memiliki bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia, namun tetap saja terkadang kita harus rela berdiam diri jika kita berada di daerah yang bukan daerah rumah kita karena kita tidak tahu orang-orang sedang berbicara menggunakan bahasa daerah mereka. Jangankan pergi 1000 km, pergi keluar rumah yang 100 meter saja kita juga bisa mendengarkan percakapan orang-orang dari suku lain yang tinggal dilingkungan kita. Ini dia Indonesia banyak suku banyak budaya dan bayak bahasa, hanya ada di Indonesia.

Ojek


foto
Siapa orang Indonesia yang gak kenal ojek ? Yuk kita bandingkan guys fungsi motor di Indonesia dan di luar negeri. Di kota-kota lain di dunia, yang namanya motor bisa dihitung jari. Walaupun lalu lintas di kota-kota dunia terbukti lebih aman dan teratur, namun masyarakatnya lebih memilih untuk menggunakan mobil dari pada motor. Motor hanya digunakan untuk angkutan delivery saja. Berbeda di Indonesia, motor merupakan kendaraan pribadi nomer wahid dan dijadikan transportasi umum berbayar yang biasa disebut dengan ojek. Bahkan kini ojek online telah menjamur dan makin memudahkan kebutuhan masyarakat kota-kota besar di Indonesia. Namun ojek tidak ada di kota-kota dunia, jadi jika kalian mengunjungi lokasi yang berjarak cukup jauh atau halte bus tidak dekat dengan lokasi maka bersiap-siaplah untuk jalan kaki.

Mencium Tangan yang Lebih Tua


foto
Setiap orang asing yang datang ke Indonesia pasti menemukan kebiasaan yang satu ini aneh, yakni mencium tangan yang lebih tua alias salim yang tidak memandang pria atau wanita. Kebiasaan ini menunjukan rasa hormat pada mereka yang lebih tua. Mencium tangan orang yang lebih tua dilakukan siapa saja selama dia berusia muda dan ingin menunjukan rasa hormatnya. Hanya di Indonesia yang punya cara rasa hormat kepada yang lebih tua dengan cara mencium tangan, mungkin diluar negeri sana punya cara yang berbeda untuk menghormati orang yang lebih tua dari kita.

Penjual Makanan Keliling


foto
Bersyukur lah jadi masyarakat Indonesia kalau kalian lapar. Kenapa? Malas jalan keluar dan bisa makan enak, semua bisa. Hanya di Indonesia makanan-makanan seperti bakso, ketoprak, sate Madura maupun Padang, bubur ayam, dan banyak lagi selalu lalu lalang di rumah. Bahkan saking seringnya penjual makanan keliling lewat di depan rumah, kalian pasti tau mulai dari nama sampai kapan tukang makanan itu lewat, benar tidak ? Lain halnya kamu tinggal di negara lain seperti Eropa atau Amerika. Disana gak punya penjual makanan keliling pakai gerobak atau dipikul, disana adanya penjual makanan keliling dengan sebutan food truck, sebuah tempat makan di atas truk. Itu pun mereka hanya nongkrong di satu tempat dan kalian harus menghampirinya.  (Ingat, disana gak ada layanan ojek online yang bisa delivery makanan lho!)

Tukang Tambal Ban Pinggir Jalan


foto
Kalau kalian dapat musibah ban kendaraan kalian bocor atau pecah, pasti tukang tambal ban lah jawabannya! Di pinggir-pinggir jalan akan ada tukang tambal ban lengkap dengan kompresornya bersedia untuk menambal ban atau menambah angin ban kendaraan kalian. Pengendara lebih baik mendorong kendaraan mereka jauh-jauh sampai bertemu tukang tambal ban atau menelpon bengkel langganan demi mengganti ban kendaraan mereka. Beda hal diluar negeri, yang dilakukan masyarakat luar negeri saat mendapati ban kendaraan mereka pecah pasti langsung menggantinya dengan ban cadangan. Keahlian ini sudah dilatih saat mereka mendapatkan SIM kendaraan guna menghadapi situasi ban bocor atau ban kempes. Mungkin di Indonesia harus meniru hal yang satu ini ya guys kalau ingin punya SIM.

Di Indonesia Kamu Nggak Perlu Repot Cari Perabotan Rumah Tangga


foto
Selain lapar dengan mudah mendapatkan makanan enak, hanya tinggal tunggu bunyi-bunyian yang menandakan tukang makanan lewat, kalau gayung kalian bocor atau butuh perabot rumah tangga tanpa harus jalan ke supermarket, di Indonesia punya tukang perabotan keliling dan perabotan ini bisa kalian kredit lho, Hebat kan! Semua serba ada dan di layani. Ini dia yang dirindukan para WNI di luar negeri untuk kembali ke Indonesia selaian alasan makan dan rindu orang tersayang.





Related Articles

Partners