Rekomendasi Tempat Scuba Diving Terbaik dan Terindah di Indonesia

Tuesday, March 14th 2017 - Entertainment & Travel

PESTADISKON, JAKARTA - Keindahan bawah laut di bumi Indonesia memang sulit untuk dipungkiri dan sudah diakui oleh dunia bahwa biota laut Indonesia memiliki keindahan yang tiada duanya. Berbagai cara digunakan untuk menikmati pemandangan bawah laut Indonesia, salah satunya adalah menggunakan cara menyelam atau Scuba Diving untuk menyelami keindahannya.  

Banyak spot potensial untuk menikmati keindahan bawah laut bumi nusantara ini. Kita tau kalo dari Sabang sampai Merauke punya keindahan tersendiri dan yang pasti spot untuk menyelam ria tinggal kalian pilih tanpa harus berusaha karena di sini punya banyak spot menarik untuk di nikmati keindahannya.

Kali ini Ensiklopedis akan memberikan beberapa rekomendasi spot scuba diving atau menyelam di laut indah Indonesia. Berikut spot scuba diving terbaik  yang berada di Indonesia

Bunaken, Manado

Siapa yang tidak tau keindahan laut Bunaken di Manado. Keindahan bawah lautnya memang tidak bisa dipungkiri lagi dan memang sejak dulu Bunaken sering dijadikan spot untuk para turis lokal ataupun internasional untuk menikmati keindahan bawah laut Indonesia.

Bunaken mempunyai 20 titik penyelaman yang bisa kamu jelajahi, antara lain Tembok Lekuan, Mandolin, Bunaken Timor, Tanjung Kopi, dan reruntuhan kapal di Manado.

Kamu bisa menikmati keindahan laut Bunaken kapan saja, tapi waktu yang terbaik adalah pada bulan April sampai dengan bulan Oktober. Dibulan ini keindahan lautnya memiliki keindahan yang lebih dibanding dengan bulan – bulan yang lainnya.

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Jika kalian masih berada di Manado dan ingin menikmati keindahan biota laut,  di pulau Sulawesi masih punya banyak spot menarik lainnya, yaitu Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Wakatobi sebetulnya adalah singkatan dari nama pulau Wangi-Wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko yang kemudain di gabung jadi Wakatobi.

Keindahan bawah lautnya sudah terkenal hingga seluruh dunia, dan sering digunakan sebagai event internasional seputar kelautan dan keindahan bawah laut. Di Wakatobi kamu bisa menemukan 750 spesies koral, 112 jenis karang, serta 93 jenis ikan. Beberapa jenis penyu juga menjadikan taman ini sebagai rumah mereka seperti penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu tempayan (Caretta caretta), dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea).

Waktu yang tepat untuk datang ke pulau Wakatobi ini adalah pada bulan Maret hingga Desember, dan akan lebih bagus lagi jika kalian datang pada bulan Juli hingga Agustus, karena banyak ikan pelagis yang muncul ke permukann, jadi kamu bisa menikmati keindahan biota lautnya secara keseluruhan.


Selat Lembeh, Sulawesi Utara

Masih berada di Sulawesi. Kali ini adalah Selat Lembeh yang berada di Bitung, Sulawasi Utara. Agaknya nama Selat Lembeh ini kurang akrab terdengar di telinga kita. Namun selat ini sudah banyak di kunjungi oleh para wisatawan mancanegara yang ingin mendapatkan keindahan biota laut yang tiada tara.

Ada banyak spot terbaik untuk kalian manfaatkan untuk scuba diving atau menyelam dan menikmati keindahan bawah laut seperti keindahan terumbu karang yang keindahannya, kura – kura belimbing yang langka, ikan – ikan pelagis dengan warna – warnanya yang menggoda makin membuat kita terbuai dengan keindahannya.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Selat Lembeh ini adalah bulan April sampai dengan bulan Oktober, karena pada bulan tersebut visibility atau jarak pandang di dalam laut memiliki jarak yang sempurna untuk dinikmati, namun hindari bulan Agustus karena jarak pandang di dalam laut kurang begitu bagus.

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Keindahan yang tidak bisa di gantikan dengan yang lain, mungkin kata  tersebut yang terucap setelah kita berkunjung ke kepulauan Derawan ini. Karena disini punya segalanya untuk dinikmati keindahannya seperti 460 jenis karang dan lebih dari lebih dari 870 jenis ikan mulai dari kuda laut kerdil hingga pari manta raksasa.

Kepulauan Derawan punya banyak titik untuk melakukan scuba diving atau menyelam. Setidaknya ada 31 titik untuk melakukan scuba diving di pulau Derawan ini. Jika kamu tidak ingin menyelam, kamu juga bisa menikmati keindahan pantai pasir putihnya dengan deburan ombak kepualauan Derawan.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke kepulauan Derawan untuk menyelam atau scuba diving adalah pada bulan April sampai dengan bulan Oktober. Karena dibulan tersebut kalian bisa coba berenang bersama ikan hiu paus di lautan lepas dan jangan lupa abadikan momen terbaikmu ya.

Raja Ampat

Yang terakhir adalah Raja Ampat, Papua. Nama ini sudah tidak diraguakan lagi keindahan bawah lautnya, dari wisatawan mancanegara hingga wiasatwan lokal-pun sudah mengakui keindahan bawah lautnya.

Raja Ampat yang terletak di Papua ini menjadi tujuan yang gak boleh dilewatkan oleh semua pecinta wisata bawah laut. Di sinilah kamu bisa menemukan keanekaragaman hayati laut terkaya di dunia, mencakup 540 jenis karang atau sekitar 75% dari seluruh spesies karang yang ada di dunia, 1.511 spesies ikan, 5 spesies penyu laut langka, 57 spesies udang mantis, dan 13 spesies mamalia laut.

Di Raja Ampat punya banyak spot menyelam, hampir setiap jengkal Raja Ampat adalah spot terbaik untuk melakukan scuba diving atau menyelam untuk menikmati keindahan biota laut yang luas biasa. Waktu terbaik untuk berkunjung dan melakukan scuba diving adalah pada bulan November hingga bulan April, karena di bulan tersebut arus di dalam laut tidak sebesar bulan – bulan yang lainnya.

(DB/PD)


 


 






Related Articles

Partners