Suka Makan Keju? Berikut Jenis-Jenis Keju yang Wajib Kamu Tau!

Wednesday, March 14th 2018 - Culinary

PESTADISKON, JAKARTA - Belakangan ini lagi happening banget makanan yang dilenkapi dengan keju, seperti ayam goreng disiram dengan saus keju, ada martabak telur yang ditambah dengan topping keju sampai minuman juga bisa ditambah dengan keju.

Mungkin hal tersebut tak terlepas dari bentuk kreativitas dalam bidang kuliner yang menyesuaikan dengan selera konsumen dan permintaan pasar. Namun kalian sebenarnya tau enggak sih kalo keju itu ada banyak benget ragam dan jenisnya?
 
Jenis keju ditentukan dari berbagai macam bahan baku dan cara pembuatannya loh, jadi meskipun sama-sama dibuat dari susu, keju akan memiliki rasa dan tekstur yang berbeda-beda menyesuaikan tekhnik pembuatannya. Mau tau mengenai jenis-jenis keju selengkapnya? Nih info khusus buat kamu pecinta keju.

Keju Parmesan

Keju ini adalah salah satu jenis keju yang paling popular dan paling sering kita temui dipasaran. Keju yang berasal dari Italia ini memiliki bentuk yang padat dan keras, jika diamati dari dekat, keju ini memiliki lubang-lubang kecil di setiap bagiannya.
 
Keju parmesanterbuat dari susu sapi, keju ini berwarna kuning pucat dan membutuhkan waktu yang lama selama produksinya. Karena memakan waktu lama dalam produksi, keju Parmesanberbau agak tajam. Jadi cocok kalau keju ini digunakan sebagai taburan pada pasta, spaghetti, pizza, salad, sup, dan juga beberapa kue kering seperti kastengels.

Keju Cheddar

Keju jenis ini adalah keju yang paling banyak masyarakat kita konsumsi dan termasuk salah satu keju yang banyak beredar di pasaran. Keju yang identik dengan bentuk kotak ini berasal desa Cheddar di Somerset, Inggris.
Tidak jauh beda cara pembuatannya dengan keju parmesan, keju Cheddar ini juga terbuat dari susu sapi. Keju Cheddar yang baru dibuat biasanya berwarna kuning pucat dan tidak terlalu keras tapi lama kelamaan juga teksturnya akan menjadi keras. Kalau keju yang ada di pasar swalayan seperti merek Cheddar atau Procheese ini termasuk jenis keju Cheddar olahan. Keju Cheddar yang sudah dicampur dengan pengemulsi dan teksturnya tidak sekeras Cheddar murni. Keju Cheddar bisa dipakai sebagai campuran makanan atau kue.

Keju Mozzarella

Nah, keju jenis ini guys yang sedang tren belakangan ini. Hampir semua jenis makanan menggunakan keju mozzarella untuk menambah kenikmatan rasa dan daya tarik dari tampilannya. Keju ini punya karakeristik yang lembut dan lumer meleleh. Teksturnya yang lembut dan lumer dimulur menjadi salah satu karakteristik keju mozzarella, pastinya kalian bisa dengan mudah membedakan jenis keju ini. Keju Mozzarella berasal dari Italia, mozzarella biasanya terbuat dari susu sapi atau susu kerbau. FYI, ternyata keju Mozzarella ini rendah lemak lho jadi baik untuk jantung.

Keju Edam

Kalau kalian suka belanja di pasar swalayan dan kebagian keju, kalian pasti liat keju ini. Ciri unik keju ini adalah bentuknya yang bulat dan dibungkus dengan pembungkus berwarna merah. Yups namanya keju Edam. 
Keju ini berasal dari Belanda, dinamai Edam karena pertama kali dibuat di Edam, Belanda Utara. Keju edam terbuat dari susu skim/ low fat, jadi keju ini memiliki kandungan lemak jauh lebih rendah dibandingkan keju tradisional lainnya sebanyak 28 persen dengan kandungan protein sebanyak 25 persen.
 
Keju Edam memiliki rasa yang sangat lembut, sedikit asin atau terasa seperti kacang, keju ini juga tidak berbau bila dibandingkan keju lainnya. Keju Edam yang modern jauh lebih lembut dibandingkan keju yang lain.

Keju Gouda

Mungkin gak banyak orang tau tentang keju ini, keju ini berasal dari negara yang sama asal keju Edam, yaitu Belanda. Banyak yang bilang kalau keju ini termasuk salah satu keju terlezat di dunia. Keju Gouda terbuat dari susu sapi dan difermentasikan selama 4 minggu atau bahkan hingga satu tahun lamanya.

Bentuknya bulat dan berwarna kuning, tekstur dari keju ini sedikit keras namun renyah namun apabila disajikan dalam keadaan panas, keju ini bisa meleleh seperti keju mozzarella. Tak sama dengan keju lainnya, keju Gouda memiliki rasa yang manis karena selama proses pemanasan, kandungan asam laktatnya menghilang.

Keju Stilton

Ada lagi nih guys jenis keju yang sangat unik namanya, yaitu keju Stilton. Keju yang satu ini juga berasal dari Inggris bertekstur unik, memiliki corak biru yang sangat khas, warna tersebut dihasilkan dari bakteri yang membantu saat proses pembuatan keju.
 
Keju ini terbuat dari susu sapi yang telah mengalami proses pasteurisasi yakni proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh bakteri, virus, protozoa dan sejenisnya. Terdapat banyak sekali lubang-lubang kecil pada kulit keju ini, namun bukan tanpa sebab, karena lubang-lubang tersebut dibuat untuk mengeluarkan udara yang terperangkap didalam kejut tersebut.
 
Keju Chevre

Keju memang terkenal dengan hasil olahan dari susu sapi atau kerbau, tetapi berbeda dengan keju Chevre. Keju ini berasal dari Perancis dan terbuat dari susu kambing. Kalau biasanya keju memerlukan fermentasi selama berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun, keju chevre hanya cukup difermentasikan selama beberapa hari saja.
 
Tekstur keju chevre ini sedikit lembab, sedangkan rasanya sedikit asam seperti lemon dan sedikit ada rasa seperti kapur. Keju ini biasanya digunakan untuk campuran makanan sehari-hari seperti mac and cheese, crumbled salad, dan juga sandwich.

Keju Emmental

Keju yang satu ini sering menjadi gambaran bentuk keju,tekstur berlubang-lubang dan berwarna kuning cantik. Yups nama keju ini adalah keju Emmental. Keju yang berasal dari lembah Emme, Canton Bern, Swiss. Keju ini memiliki rasa yang sangat gurih namun tak terlalu asin. Dalam pembuatan keju ini dibantu oleh 3 bakteri yaitu propionibacterium freudenreichii, lactobacillus helveticus dan streptococcus. Bakteri tersebut yang menimbulkan karbondioksida dan menimbulkan lubang-lubang pada keju Emmental. Semakin matang kejunya makin besar pula lubang-lubang yang terbentuk.  Keju ini mudah sekali meleleh, karena itulah maka sering digunakan untuk memasak roti lapis keju bakar, burger keju, dan masakan lainnya.

Keju Casu Marzu

Keju casu marzu sering kali disebut sebagai keju paling berbahaya di dunia. Keju ini berasal dari negara Italia dan menjadi keju ilegal karena berbahaya untuk kesehatan. Kalau kalian mau membeli keju ini, kalian bisa dapatkan di pasar gelap Sardinia, Italia.
 
Keju ini dibuat dari susu domba dan dikerumuni dengan belatung. Menurut warga lokal Sardinia, casu marzu hanya boleh dimakan ketika belatung-belatungnya masih hidup. Casu marzu memiliki rasa yang tajam dan tekstur yang sangat lunak.
 
Keju casu marzu biasanya disajikan dengan roti yang lembab dan segelas red wine yang sangat keras.  Keju ini diyakini sebagian orang sebagai aprosidiak atau makanan pembangkit gairah seksual, maka tak heran biasanya dikonsumsi saat perayaan pernikahan atau perayaaan dalam keluarga. Guys ada yang berani coba keju Casu Marzu?

(DB/PD)



PESTADISKON, JAKARTA - Suka sama Keju? NIh berikut adalah nama dan jenis keju yang wajib kalian tau


Related Articles

Partners