Penyebab Yang Dapat Memicu Rusaknya Sebuah Hubungan

Friday, April 13th 2018 - Entertainment & Travel

PESTADISKON, JAKARTA - Ada banyak penyebab yang dapat memicu rusaknya sebuah hubungan, dari mulai kehadiran orang ketiga, perbedaan prinsip, atau bahkan karena kurangnya komunikasi. Sebenarnya masih banyak penyebab lain berakhirnya sebuah hubungan, namun rupanya ada satu hal yang keliatannya tidak begitu signifikan tetapi punya peran penting sebagai pemicu keretakkan yaitu pikiran. Menurut buku “Why Can't You Read My Mind? Overcoming the Toxic Thought Patterns that Get in the Way of a Loving Relationship”, yang ditulis oleh seorang psikolog asal Amerika Serikat bernama Jeffrey Bernstein, ada 7 pikiran yang bisa merusak hubungan. Masa iya pikiran dalam kepala kita bisa ngerusak sebuah hubungan? Nah, biar kamu nggak bingung simak yuk pikiran apa aja yang bisa mengandaskan cinta kita!


1.       Serba salah

Kalau kamu mulai berfikir semua tindakan yang dilakukan pasangan kamu tuh nggak pernah benar alias serba salah, mending buang jauh-jauh deh! Karena pikiran ini bisa jadi salah satu pikiran buruk yang lama-lama menggerogoti hubungan kamu. Hiii


2.       Ngasih label buruk

Ketika kamu udah ngasih label pasangan kamu dengan label yang negatif kayak, “pemalas”, “ambekan”, “baperan”, “cengeng”, secara nggak langsung kamu sendiri udah menutup sisi positif dia di mata kamu.


3.       “Kamu kan harusnya tau aku tuh .....”

“Kamu kan harusnya tau aku tuh nggak suka kerjaan ini”, memaksakan pasangan kita “harus” selalu tau yang kita mau, dan yang kita nggak mau, bukan pikiran yang baik. Karena sejatinya hubungan itu terdiri dari dua orang, bukan satu orang aja, jadi ya harus sama-sama mengerti dan memahami.


4.       Ekspektasi yang nggak sesuai

Manusia adalah mahluk yang akan selalu dinamis, makanya kamu jangan sampai ada pikiran untuk membandingkan dia dulu dengan dia sekarang. Kalau memang rasanya ada yang kurang sreg lebih baik diutarakan, bukannya dipikirin sendiri aja.


5.       Curiga melulu

Di saat kamu selalu curiga kalo tindakan yang dia lakukan memiliki motif tertentu, kayaknya kamu harus mulai berkomunikasi lagi dengan pasangan kamu. Pikiran seperti “Ih dia mah baik karena ada maunya”, mungkin terjadi karena kamu udah terlanjur mikir yang enggak-enggak tentangnya dan nggak mau tahu alasan sebenarnya.

6.       Imaginasi yang berlebihan

Kesimpulan negatif yang nggak berlandaskan realita kayak “Akhir-akhir ini dia lama bales chatnya, pasti dia lagi selingkuh”. Pikiran negatif tanpa dasar realita seperti ini lama kelamaan kalau kamu pelihara bisa bikin kamu pelan-pelan kehilangan kasih sayang dengan dia.

7.       “Nggak akan ada yang bisa sesabar aku dalam ngehadapin kamu”

Kalau udah mikir begini sih harus waspada semakin retaknya hubungan kamu. Karena dengan bilang “Nggak akan ada orang lain yang lebih baik dari AKU” jelas nunjukkin keegoisan kamu. Juga, dengan bilang gitu secara nggak langsung kamu udah ngecap pasangan kamu punya kepribadian yang sangat buruk, sampai-sampai nggak ada orang lain yang bisa menangani. Waduh

 

(HH/PD)

 

Banyak faktor yang menyebabkan putusnya hubungan asmara.


Related Articles

Partners