Mudik Lebaran Menggunakan Kereta Api? Ini Dia Tips Berburu Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2018

Monday, April 16th 2018 - Entertainment & Travel

PESTADISKON, JAKARTA - Mudik lebaran memang sebuah momen yang dinanti oleh para masyarakat khususunya bagi penganut agama Islam karena saat lebaran adalah saat yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman.

Namun sebagaimana kita ketahui, jika hari raya lebaran keberadaan tiket mudik amatlah sulit untuk didapat. Butuh perjuangan lebih untuk mendapatkan tiket untuk menuju kampung halaman. Salah satu jalan keluar yang paling rasional untuk mendapatkan tiket mudik lebaran adalah dengan memesan tiket mudik dari jauh hari, bisa langsung mendatangi loke tiket ataupun memesannya lewat situs booking tiket online. Namun kadang meskipun kita sudah memesan dari jauh hari, kadang masih tetap belum bisa mendapatkan tiket mudik karena kuota sudah habis.

Tapi tenang, buat kamu yang belum kebagian tiket mudik, ada kabar gembira untuk kalian. Menurut Manager PT. KAI Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro, sebanyak 23.752 tempat duduk per hari KA tambahan akan serentak dijual mulai 16 April 2018 dini hari tersebut. Na, jadi buat kamu yang mau kehabisan tiket mudik lebaran, mulai hari ini kamu bisa mempersiapkan diri untuk berburu tiket mudik yang bisa kalian pesan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai, minimarket, jaringan PPOB, website, hingga mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan PT KAI.

Manager PT.KAI juga memeberikan beberapa masukan untuk kamu yang mau berburu tiket kererta tambahan mudik lebaran untuk kalian para pemburu tiket mudik lebaran 2018.

Berikut ini adalah tips berburu tiket kereta lebaran tahun 2018: 

  1. Koneksi internet harus stabil selama proses pencarian tiket.
  2. Cari alternatif tanggal dan rutenya. Jadi usahakan kamu secepat mungkin untuk mencari tanggal pengganti dan stasuin keberangkatan lainnya jika tiket kereta yang kamu inginkan sudah habis terpesan, karena KA tambahan Lebaran 2018 akan dikeluarkan bersamaan.
  3. Tiket tujuan kamu habis? Cari alternatif tikt terusan aja. Misalkan kamu mau pergi ke Yogyakarta, namun tiket ke Yogyakarta habis, alternatifnya kamu bisa mencari tiket kereta yang ke arah Solo, karena nantinya kereta api tujuan kota Solo akan berhenti di stasiun Yogyakarta.4.
  4. Lalu lintas pemesanan tiket akan sangat penuh pada menit-menit pertama saat tiket dirilis. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan pemesanan tiket pada pukul 1.00-an.
  5. Segera lakukan pembayaran ketika kamu sudah berhasil memesan tiket keberangkatan/kepulangan karena dalam beberapa kasus, kita sudah mendapatkan tiket yang kita inginkan, namun karena tidak segera menyelesaikan pembayaran yang sudah ditentukan, yaitu melakukan pembayaran maksimal 60 menit setelah pemesanan, tiket yang kamu pesan akan dinyatakan hangus dan akan kembali tersedia di situs pemesanan online yang siap diburu oleh orang lain.
  6. Cek secara berkala di situs penjualan atau contact center. Karena jika ada yang batal atau belum bayar setelah satu jam, maka tiket tersebut akan muncul kembali.

Pada masa angkutan Lebaran 2018 ini, kata krisbiyantoro, KAI telah memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket. Jadi diharapkan nantinya para calon penumpang akan lebih mudah mengakses dan memesan tiket perjalanan ke kota tujuan tanpa khawatir server sulit diakses. KAI juga memperkuat sistem keamanan dengan meningkatkan sistem firewall untuk menekan resiko gangguan sistem IT dan optimalisasi server penjualan tiket.

Nantinya ada 20 Kereta Api tambahan yang akan beropreasi selama mudik lebaran, perkiraan akan berooperasi pada tanggal 8 Juni – 25 Juni 2018 Namun, ada beberapa nama KA yang beroperasi lebih awal. Sebut saja Kertajaya Lebaran, Brantas Lebaran, dan Mataram Premium yang sudah mulai dioperasikan mulai 5 Juni 2018 hingga 26 Juni 2018.

Sumber : Pikiran-rakyat.com

(Db/PD)

 



Related Articles

Partners