Tips-tips Agar Dapat Menjalankan Ibadah Puasa Dengan Lancar

Thursday, May 17th 2018 - Entertainment & Travel

PESTADISKON, JAKARTA - Bulan Ramadan adalah bulan yang suci bagi umat Islam, di bulan ini muslim saling berlomba-lomba dalam kebaikan. Kehadiran ibadah puasa di bulan Ramadan misalnya jadi salah satu ibadah yang paling ditunggu-tunggu. Nah, supaya ibadah puasa kamu tetap lancar kita mau ngasih tau kamu beberapa tips menjalankan ibadah puasa. Simak yuk!


1. Kurangi makanan yang mengandung garam saat sahur

Garam bisa meningkatkan keinginan kita untuk minum, dan dengan cara mengurangi kadar garam dalam makanan sahur, kita bisa menjaga supaya tubuh kita nggak dehidrasi. Kok bisa ya garam bikin kita haus? Bisa dong, garam mengandung zat Natrium, ketika zat Natrium dalam tubuh kadarnya berlebih ia bisa mengganggu jumlah cairan dengan menarik cairan yang ada dalam sel-sel tubuh. Untuk mengatasi kondisi cairan yang tertarik tersebut tubuh akan memberi sinyal ke otak bahwa tubuh kekurangan cairan lalu muncul deh  perasaan haus. Makanya selama puasa jauh-jauh dulu deh dari makanan asin dan gurih yang berlebih, biar nggak haus.  


2. Jangan makan berlebihan saat berbuka puasa

Setelah menahan lapar dan haus seharian, buka puasa jadi momen yang dinanti-nanti. Eits, tapi jangan sampai sewaktu buka puasa kalap loh ya. Sebab, makan berlebihan saat berbuka puasa akan menimbulkan masalah pencernaan seperti penumpukan gas dalam perut yang bisa bikin kembung. Makan berlebihan saat berbuka puasa juga bisa meningkatkan kemungkinan bertambahnya berat badan, duh yang tadinya niat mau puasa sekalian diet malah jadi nambah berat badan. Pasalnya, metabolisme tubuh saat puasa sedikit melambat, sehingga kalo kita saat berbuka puasa langsung makan terlalu banyak makanan tidak bisa diserap tubuh secara optimal. Oh iya, makan berlebihan saat berbuka puasa juga bisa bikin kita ngantuk dan alhasil bikin ibadah tarawih kita nggak fokus deh. 


3. Jangan lupa konsumsi air

Cuaca panas yang kian menyengat emang nggak bisa dihindarkan, nah biar tubuh kamu nggak dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa kamu harus tetap memperhatikan kadar air dalam tubuh.  Memaksimalkan konsumsi air saat buka puasa, sebelum tidur, serta saat sahur jadi kuncinya. Konsumsi minimal 8 gelas air sehari yang bisa kamu bagi-bagi, 2 gelas air saat buka puasa, 4 gelas air diminum sebelum tidur, dan 2 gelas air dikonsumsi saat sahur. 


4. Olahraga sedikit supaya tubuh tetap fit

Nggak perlu olahraga yang terlalu berat, olahraga ringan kayak jogging pas banget dilakukan selama bulan Ramadhan. Kamu bisa lari-lari kecil sebelum buka puasa atau sebelum tidur. Pemilihan olahraga serta waktu yang tepat, bisa mengembalikan keseimbangan metabolisme tubuh dan bikin badan kamu tetap fit selama menjalankan ibadah puasa. Ibadah tetap jalan, tubuh juga tetap fit. 


Tetap semangat menjalankan ibadah puasa ya guys ^^.

(HH/PD)


PESTADISKON, JAKARTA - Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah. oleh karena itu kamu harus tetap bersemangat saat menjalankan ibadah puasa. Nah agar kamu tetap semangat saat berpuasa, simak tips jitu berikut ini.


Related Articles

Partners