THR Cuma Numpang Lewat? Berikut Cara Mengatasinya Supaya Berkah dan Tidak Sia-Sia

Wednesday, June 6th 2018 - Entertainment & Travel

PESTADISKON, JAKARTA - Hari raya sudah tinggal menghitung hari, dan bagi karyawan tandanya adalah tunjangan hari raya alias THR yang akan segera cair. Biasanya tunjangan hari raya digunakan untuk memenuhi kebutuhan kita di hari raya seperti beli pakaian lebaran, camilan, beli tiket mudik, masakan khas lebaran seerti ketupat beserta sajian pendamping lainnya, dan tidak lupa untuk dibagiakan kepada sanak saudara. Namun pernah enggak kalian merasa jika THR yang kalian dapat sering hilang tanpa jejak alias cuma numpang lewat?

Pasti kalian pernah mengalami hal ini, termasuk saya juga sih :) hal tersebut disebabkan kita terlalu hanyut dengan euphoria uang tunjangan yang kita dapat, dan menggunakannya tanpa pernah pikir panjang.

Namun hal tersebut mulai sekarang bisa kalian hindari, kenapa? Karena kan sayang jika uang tunjangan yang bisa digunakan untuk hal yang bermanfaat hanya cuma sekedar numpang lewat saja di rekening kita, dan ujung-ujungnya malah kantong makin jebol karena tidak memiliki rencana yang matang dalam pengelolaan uang tunjangan hari raya.

Nah supaya tunjangan hari raya kita bisa terpakai untuk keperluan yang jelas dan tidak sia-sia, dan tentunya bisa berkah, kali ini kita mau share beberapa tips untuk mengelola uang tunjangan hari raya kalian agar tidak cuma numpang lewat..

Hitung dengan Teliti Setiap Pengeluaran

Salah satu hal yang paling sering terlwat adalah menghitung setiap pengeluaran dari uang tunjangan hari raya kita, ya seperti yang sudah saya bilang diawal jika kita sering larut dalam suasanya ‘rejeki nomplok’ dan sering mengabaikan pengelolaannya. Cara yang paling mudah yaitu kalain mencatat setiap pengeluaran kalaian, termasuk untuk beberapa keperluan kecil sekalipun.

Jangan Lupa Bayar Zakat

Nah, biar uang tunjangan kalian bisa dinikmati oleh para saudara-saudara yang kurang beruntung, kalian wajib menyalurkan rejeki yang kalain miliki kepada lembaga amil zakat, bisa berupa beras 3,5 Kg atau Uang sekitar Rp 35.000. nah, dari pada uang kalian nantinya enggak jelas untuk keperluan yang enggak perlu, sisihkan rejeki kalian kepada saudara kalain yang kurang mampu, syukur-syukur nominalnya bisa lebih dari yang sudah disebutkan barusan.

Pisahkan Uang Untuk Ditabung

Seringkali permasalahan utama yang menghalangi kamu untuk menabung adalah karena tidak punya uang untuk ditabung. Nah, Uang THR ini bisa jadi sumber penghasilan tambahan yang bisa membantu kamu mendongkrak jumlah tabungan kamu yang tadinya hanya segitu-gitu saja. Pisahkan sejumlah uang THR yang kamu dapat ke dalam rekening tabunganmu. Jangan hanya dipakai untuk kesenangan dan keperluan satu kali saja ya, pikirkan masa depanmu nanti. Uang THR ini sangat berguna loh buat tabungan kamu jika kamu pandai mengaturnya. Kira-kira sisihkan 10 persen dari total uang THR untuk kamu tabung.

Jangan Lupa Bayar Utang

Apa kamu punya hutang yang masih belum lunas? Sebaiknya pakai sejumlah uang THR ini untuk membantumu melunasi hutangmu. Mempunyai hutang yang berlarut-larut hanya akan memberatkan finansial kamu loh. Kamu akan semakin sulit menabung karena pendapatanmu selalu dipakai untuk membayar hutang. Jadi selagi punya uang tambahan, segera alokasikan untuk membayar hutang. Semakin cepat lunas, semakin baik.

Sisihkan Untuk Investasi

Meski ada kebutuhan lain yang lebih penting, jangan lupa juga gan sisihin THR buat investasi. Dana ini berguna banget buat jaga-jaga. Siapa tau kan di kemudian hari, gaji agan kagak cukup buat menuhin kebutuhan harian? Kalau (amit-amit) beneran kejadian, agan jadi kagak usah kalang kabut.

(Db/PD)

 

Inilah beberapa tips untuk mengelola uang tunjangan hari raya kalian agar tidak cuma numpang lewat..


Related Articles

Partners