Mengapa Jepang Bisa Maju? Berikut Adalah Kebudayaan Orang Jepang yang Patut ditiru Supaya Maju

Thursday, June 7th 2018 - Entertainment & Travel

PESTADISKON, JAKARTA - Setiap bangsa memiliki budayanya masing-masing yang diwariskan secara turun temurun dari para pendahulunya, dan faktor budaya adalah salah satu kunci kesuksesan atau kemajuan suatu bangsa. Nah, salah satu negara yang maju karena budaya atau kebiasaan masyarakatnya adalah Jepang.

Jepang terkenal dan bisa maju seperti saat ini salah satunya adalah karena budaya masyarakatnya yang bisa dibilang keras dan kuat. Beberapa kebiasaan masyarakat Jepang tersebut menjadi salah satu budaya yang bisa kita tiru untuk bisa maju dan sukses.

Berikut adalah beberapa budaya masarakat Jepang yang bisa kita tiru dan kita terapkan

Malu jika Merasa Bersalah

Inilah salah satu budaya orang Jepang yang wajib kita tiru, yaitu malu jika melakukan kesalahan dan secara tulus mengucapkan maaf. Inilah yang sampai detik ini masih belum bisa kita tiru, coba bandingkan dengan masyarakat kita, sudah jelas-jelas bersalah kadang masih merasa tidak bersalah dan sebisa mungkin membela dirinya mati-matian, malah kadang mereka bangga atas kesalahan yang mereka buat.

Rasa malu jika melakukan kesalahan memiliki efek yang bagi diri sendiri, kenapa? Supaya kita tidak melakukan kesalahan yang membuat kita malu tersebut. Jika kita bisa menerapkan budaya Jepang yang satu ini, bukan tidak mungkin negara Indonesia bisa lebih maju.

Menghormati Orang Lain Tanpa Pandang Bulu

Pasti pernah melihat gaya hormatnya orang Jepang kan? Hormat dengan cara membungkukan badan kepada sesama manusia tanpa memandang status, jenis kelamin, dan Jabatannya. Budaya hormat dengan cara membungkuk sudah sangat mengakar, bahkan saat mereka sedang berbicara melalui telepon, orang Jepang membungkuk sedikit.

Budaya kita mungkin sudah mengajarkan budaya menghormati orang lain ini, namun kadang beberapa orang masih pandang bulu dan pilih-pilih dalam mengormati dan menghargai orang lain. Jadi budaya menghormati orang tanpa pandang bulu adalah hal yang bisa kita tiru supaya bisa lebih maju lagi.

Kerja Super Keras

Rahasia utama Jepang bisa berkuasa dan menjadi besar seperti sekarang ini adalah kerja keras, bahkan kerja keras saja tidak cukup, jadi kerja super keras aadalah kewajiban bagi masyarakat Jepang. Rata-rata jam kerja pegawai di Jepang adalah 2450 jam/tahun, sangat tinggi dibandingkan dengan Amerika (1957 jam/tahun), Inggris (1911 jam/tahun), dan Indonesia (1880 jam/tahun).

Seorang pekerja Jepang boleh dikatakan bisa melakukan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh 5-6 orang. Jadi apa yang mereka kerjakan adalah sesuatu hal yang produktif dan sangat berbobot, meskipun jam kerja kita tidaklah terpaut jauh, namun kebanyakan masyarakat kita menggunakan waktunya untuk bersenang-senang atau tidak untuk hal yang produktif.

Kerja Sama

Masyarakat Jepang memang sangat suka berkerja keras, namun bukan dalam bekerja yang bersifat individualistik, dan masyarakat Jepang sangat menyukai pekerjaan secara kelompok ini. salah satu contohnya adalah klaim hasil pekerjaan, biasanya klaim hasil kerja mereka diatas namakan nama kelompok tersebut, bukan leader kelompok tersebut.

Ada anekdot bahwa “1 orang professor Jepang akan kalah dengan satu orang professor Amerika, namun 10 orang professor Amerika tidak akan bisa mengalahkan 10 orang professor Jepang”.

Antre

Antre adalah salah satu bentuk kita dalam menghargai waktu dan orang lain, dan masyarakat Jepang tahu betul bagaimana caranya untuk antre. Masyarakat Jepang selalu antre dalam segala hal, baik itu antre dalam menggunakan toilet, antre membayar, dan lain-lain. budaya ini sudah sangat mengakar, bahkan antre tidak perlu diberikan pembatas karena bagi masyarakat Jepang meyerobot antrean adalah hal yang tabu.

sumber : https://satujam.com

(Db/PD)



PESTADISKON, JAKARTA - Rahasia Jepang menjadi negara yang maju adalah karena kebudayannya yang bagus untuk dijadikan contoh, dan berikut adalah beberapa kebudayaan orang Jepang yang patut kita tiru supaya lebih maju


Related Articles

Partners