Makin Lebar Saat Lebaran? Ini Tipsnya!

Friday, June 8th 2018 - Culinary

PESTADISKON, JAKARTA - Lebaran memang hari kemenangan, tapi bukan berarti kamu menang melawan ‘balas dendam’ tidak makan dan minum selama bulan puasa, dan membenarkan diri sendiri untuk makan semu sajian lebaran tanpa kira-kira. Jangan sampai pas kembali ke kantor atau ke kampus ditanya “loh, kok gendutan?” no way! Makanan khas lebaran seperti opor ayam, ketupat, gulai, sambal goring, dan aneka olahan daging lainnya tentu gak bisa kamu lewatkan. Apalagi kue-kue manis dan imut seperti nastar, putri salju, dan cemilan lainnya. sebagai contoh. Opor ayam saja sudah mengandung 320 kalori untuk ayam tanpa kulit, lalu rendang mengandung 97,5 kalori, lalu satu buah ketupat mengandung 176 kalori, bayangkan kalau kamu makan semuanya dalam sehari! Nah, buat kamu yang mau makan enak disaat lebaran tapi juga mau tetap terlihat langsing sesudahnya, yuk ikuti tips di bawah ini.

Masakan Bersantan itu Jahat

Buat kamu yang suka banget sama opor ayam, gulai, rendang, sambal goreng, dan makanan khas lebaran berkuah lainnya, usahakan kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan. karena terbukti dari semua makanan khas lebaran itu, santan-lah yang memiliki kalori paling tinggi dan tentu saja akan membuat berat badan kamu melejit. Kamu bisa makan ayamnya saja atau sayurnya saja, kuahnya santannya nanti dulu deh. Kalau kamu mau tetap makan makanan berkuah santan, kamu bisa mencoba menu sop yang memiliki kalori lebih rendah disbanding kuah santan.

Kurangi Gorengan!

Gorengan memang mantap, apalagi kalau masih hangat ditambah cabe rawit dan minuman hangat. Tidak ada yang bisa menolak. Berbagai makanan pun lebih nikmat digoreng. Buat kamu yang mau memiliki berat badan stabil saat lebaran, baiknya kamu menghindari minyak dan gorengan yang terlalu banyak. Tidak hanya gorengan, kuah santan pun mengandung minyak yang tidak sedikit. Minyak sangat sulit diurai oleh tubuh, so konsumsi minyak berlebih akan segera menjadi lemak di tubuh kamu.

Jangan Lupa Makan Buah

Buah yang banyak mengandung serat tentu akan membuat kamu lebih kenyang karena sifatnya yang mudah diserap oleh tubuh. Buah juga membantu menjaga metabolism kamu. Usahakan untuk mengonsumsi buah sehari empat kali agar kamu dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh kamu. Kalau bosan makan buah yang gitu-gitu aja, kamu bisa kreasikan dalam bentuk pudding, agar-agar, dan es buah namun jangan terlalu manis ya!

Air Putih

Sudah banyak yang tau kalau air putih memang baik untuk kesehatan. Sebelum kamu menyantap hidangan apapun, usahakan untuk minum air putih terlebih dahulu agar kamu sedikit merasa kenyang dan nafsu makanmu pasti akan berkurang. Air putih juga membantu pencernaan jelas saja.

30 Menit Olahraga, Jangan Kendor!

Walaupun liburan menjadi ajang untuk bermalas-malasan, perlu untuk kamu olahraga selama setidaknya 30 menit. Kamu tidak perlu melakukan olahraga berat seperti sepak bola, cukup jogging atau pemanasan saja supaya kalori kamu tetap terbakar.

 

Nah, buat kamu yang mau makan enak disaat lebaran tapi juga mau tetap terlihat langsing sesudahnya, yuk ikuti tips berikut ini


Related Articles

Partners