Fakta Unik Yang Wajib Kamu Ketahui Di Balik Sepatu Sneakers

Friday, July 6th 2018 - Fashion

PESTADISKON, JAKARTA – Salah satu produk fashion yang berkembang pesat dan tak pernah lekang oleh waktu adalah sneaker. Hingga detik ini, penggunaan sneakers kian menjamur. Sepatu sneakers sepertinya menjadi sepatu wajib dimiliki semua orang di zaman modern ini. Desainnya yang simpel memang cocok dipadukan dengan outfit apa saja.

 

Seiring perkembangan zaman, sudah banyak model sneakers mulai dari brand ternama luar negeri mau pun brand lokal. Sneakers pun bisa menjadi sepatu kantor ternyaman lho. Meski sering dipakai dan kita temui, ternyata ada fakta unik yang wajib kamu ketahui di balik sepatu sneakers. Berikut ini fakta unik sepatu sneakers menurut berbagai sumber :



Sudah Ada Sejak Abad 18

Source : brilio.net

 

Pada abad 18 kala itu sepatu yang dipakai masih berwujud cukup aneh dari kanvas dengan alas karet dan dikenal dengan sebutan plimsolls. Dimana pada saat itu Indonesia sedang sibuk dengan VOC. Lalu pada akhirnya di awal abad 19, sepatu sneakers pun disempurnakan perlahan. Perusahaan Amerika yang bernama U.S Rubber Company memproduksi sneakers berbahan kanvas yang diberi label Keds.

 

 

Asal Mula Nama Sneakers

Source : styl.id

 

Kata “sneak” berasal dari kata inggris kuno “snican”. Awalnya, kata itu berarti “menginginkan, meraih” dan berkembang menjadi “merayap atau merangkak”. Memasuki tahun 1500-an, “sneak” berarti “bergerak atau berjalan dengan cara sembunyi-sembunyi”. Jadi, asal mula nama sneakers mengacu pada karakter sneakers itu sendiri, yang ketika dipakai tak mengeluarkan bunyi alias diam (sneak).

 

 

Cetakan Waffle Pernah Digunakan Oleh Co Founder Nike

Source : businessinsider.com

 

Pada saat itu Co Founder Nike Bill Boweman kesulitan untuk mencari alat cetak sepatu yang menurutnya bagus. Sepatu tidak memiliki permukaan yang baik. Dilansir dari Bussiness Insider, Bill yang kala itu sedang sarapan bersama istrinya menemukan satu barang yang unik di dapurnya, yaitu cetakan kue waffle. Atas dasar itu mengapa sampai sekarang banyak bentuk alas sepatu berbentuk kotak-kotak seperti kue waffle.



Sneakers Paling Mahal

Source : modelaviation.com

 

Brand yang memegang rekor sepatu sneakers paling mahal ini dipegang oleh Nike dengan rilisan Nike SB Flom Dunk High. Seri satu ini memiliki beberapa jenis dan rata-rata dijual dalam jumlah sangat sedikit. Setiap pasang yang berbeda-beda dan unik, tidak heran harganya bisa mencapai Rp 100.000.000 bahkan lebih.


Adidas dan Puma Ternyata Bersaudara

Source : Footballtribe.com

 

Hal tersebut terjadi lantaran pemilik Adidas, Adolf ‘Adi’ Dassler dan Puma, Rudolf Dassler merupakan kakak beradik. Di balik besarnya merek Adidas dan Puma, sebenarnya keduanya tidak pernah bersaing secara sengit. Seperti kakak adi pada umumnya, terkadang mereka memiliki sifat yang tidak mau kalah satu sama lain. Hal inilah yang menimbulkan banyaknya perselisihan. Pada akhirnya sang adik Rudolf membuat bisnis baru tak jauh dari bisnis sang kakak yang kemudian berganti nama menjadi Adidas.

 

 

 

(RY/PD)

PESTADISKON, JAKARTA - Sneakers semakin berkembang dari tahun ke tahun. Dengan tampilan yang simpel membuat kalangan anak muda maupun dewasa menjadi stylish dengan fashion item yang satu ini. Berikut fakta unik di balik sneakers.


Related Articles

Partners