Fakta Menarik dibalik Nama Brand Zara yang Mendunia

Thursday, April 6th 2017 - Fashion


PESTADISKON, JAKARTA - Mungkin sebagian kalangan sudah sangat akrab dengan nama brand fashion yang satu ini, yaitu Zara.  Bagi para pegiat di dunia fashion atau para shopaholic pasti sudah sangat mengenal Brand Zara, baik itu hanya sekedar mengetahui atau bahkan menggunakan salah satu produknya. Tapi, dibalik sebuah nama besar, selalu ada cerita menarik dibalik nama besar tersebut, tak terkecuali Zara.

Zara sendiri mempunyai beberapa fakta yang menarik untuk kita kupas, dan pastinya jarang kamu tau. Tapi tau kah kamu kalau Armanico Ortega sang pendiri dari brand Zara ini awalnya hanya seorang pegawai di toko pakaian yang tidak mengenyam pendidikan formal, namun memiliki keinginan yang kuat untuk mempunyai toko pakaian sendiri. Kemudian, sebelum nama Zara ada, ada nama ZOBRA yang digunakan, namun diganti karena mirirp dengan nama sebuah Bar.

Nah, untuk lebih lengkapnya kalian bisa simak fakta – fakta seputar brand Zara berikut ini, yang mungkin baru kali ini kalian dengar dari sebuah brand besar bernama Zara.

Awalanya diciptakan untuk kalangan menengah ke bawah

Zara menciptakan pakaian yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, itu adalah awal dasar konsep diciptakan fashion Zara, dan pandangan fashion Zara adalah gaya hidup bukan berdasarkan kemewahan, Jadi Zara awalnay diciptakan untuk kegiatan sehari - hari, bukan untuk sebuah lambang kemewahan.

“Tha-ra” adalah pengucapan Zara dalam bahasa Spanyol

Armancio Ortega dan Rosalia Mera resmi mendirikan Zara (“Tha-ra” pengucapan dalam bahasa Spanyol)  pada tahun 1975 dan langsung membuka gerai pertamanya pada tahun yang sama di kota Galicia, dan pada tahun 2010, Zara membuka toko berbasis online, dan masih beroperasi hingga saat ini.

Armanco Ortega masih berperan meski sudah tidak menjabat lagi

Pada 10 Januari 2011, Armancio Ortega (pendiri brand Zara) memberikan jabatan presiden di Inditex kepada Pablo Isla, Meski sudah tidak menjabat sebagai ketua, namun Armanco Ortega masih memiliki meja di Cube. Nah, Cube adalah sebutan untuk pusat perusahaan Zara di Artexio.

Zara paling “kalem” dalam hal pemasaran dibanding kompetitor

Dalam menjalankan bisnis retailernya, Zara tidak menggunakan iklan untuk berpromosi seperti para pesaingnya, dan ZARA tidak memiliki departemen pemasaran dan lebih kalem jika media meliput mereka dan hanya memeperbolehkan 3 jurnalis saja yang boleh mewawancarainya. wah, agak tertutup juga ya Zara dengan media massa.

Ada dua produk baru yang diproduksi setiap minggunya

Selama seminggu, Zara selalu menambah koleksinya dua kali, Ini merupakan yang tercepat dari pada kompetitor lainnya. yang mungkin hanya dua minggu sekali dan tidak kurang 10 ribu desain pakaian di produksi tiap tahunnya dengan jumalah 1.200 potong yang disebar ke 750 toko di seluruh dunia dan yang paling unik adalah para desainer Zara tidak pernah membeberkan namanya dan 11 pabrik Zara mengirimkan barangnya melalui jalur bawah tanah.

Produk Zara di Indonesia lebih murah 13% dibanding negara lain

Semua produk Zara di buat kebeberapa negara dikirim terlebih dahulu ke Spanyol kemudian diedarkan ke seleluruh Dunia. Ternyata sebagian pakaian Zara seperti blus, kemeja di buat di Indonesia. Tepatnya di pabrik tekstil di Desa Jetis, Sukoharjo, Jawa Tengah oleh PT. Sri Rejeki Isman (Sritex) dengan hal tersebut mungkin yang membuat produk Zara di Indonesia di jual 13% lebih murah dibandingkan negara lain

Harga Zara di Korea Selatan Lebih Mahal 25%!

Harga pakaian Zara yang dijual di korea Selatan lebih mahal 25% dari pada yang di jual di China, Jepang dan Amerika Serikat, jadi untuk kalian pecinta produk Zara, cermatlah untuk tidak menghambur – hamburkan uang anda unntuk produk Zara di Korea Selatan!

Nah, Itulah beberapa fakta menarik seputar brand ternama Zara yang belum dan jarang diketahui banyak orang selama ini. Ternyata, di balik brand besar Zara tetap ada sesuatu yang menarik untuk di bahas dan selalu ada fakta menarik di setiap perjalanan sebuah perusahaan yang sudah mendunia.
Sumber : popsugar dan bisnishack

(DB/PD)







PESTADISKON, JAKARTA - Mau tau ada fakta menarik apa saja di balik sebuah nama besar brand fashion bernama ZARA? yuk simak rangkuman di kolom Highlight berikut ini


Related Articles

Partners