Antara BMW & Mercedes-Benz, Manakah yang Best Seller di Indonesia ?

Monday, June 12th 2017 - Entertainment & Travel

PESTADISKON, JAKARTA - Produsen mobil asal Eropa di tanah air selalu terpusat antara kedua merek raksasa dari tanah Jerman, yaitu BMW & Mercedes – Benz. Produsen mobil asal Eropa memang selalu menarik untuk ditelisik, bahkan loyalis dari merek – merek mobil eropa tersebut bahkan sampai membela habis – habisan merek mobil kecintaannya tersebut, demi gengsi tentunya.

Dari awal tahun 70-an hingga sekarang ini mobil – mobil asal eropa selalu mempunyai tempat tersendiri bagi masyarakat Indoneisa. Produsen yang selalu konsisten bersaing antar produsen mobil asal eropa adalah Mercedes-Benz dan BMW. Jika kalian pemilik Mercy pasti akan bilang Mercy lah yang terbaik, sedangkan jika kalian pemilik BMW pasti akan bilang BMW lah juaranya.
Memang persaingan antara kedua merek mobil eropa yang berasal dari Jerman ini sudah berlangsung sudah lama. Di Indonesia tersendiri nama BMW dan Mercedes-Benz sangatlah sukses jika dibandingkan dengan produsen mobil asal eropa lainnya semisal VW, Volvo, Jaguar, Peugeot, dan Audi.


BMW dan Mercedes-Benz memang paling konsisten dengan jajaran produk barunya di tanah air. Hal ini tidak terlepas dari penjualan yang baik dari kedua produsen tersebut. Demi mempermulus sektor penjualan, kedua pabrikan tersebut telah membuka pabrik perakitan di tanah air. Pabrik Mercedes – Benz ini sendiri ada di Wanaherang, Bogor, dan kalau BMW ada di Sunter, Jakarta Utara Guys.

Hal ini dilakukan selain untuk mempercepat proses produksi, juga dilakukan untuk menekan harga jual mobil – mobil mewah tersebut. Sebelumnya, produsen asal eropa lainnya seperti Audi dan VW sebenarnya akan membuka pabrik baru di tanah air, supaya Audi dan VW yang secara penjualan masih satu payung (Volkswagen Group) bisa lebih konsisten bersaing dengan BMW dan Mercy. Namun isu Dieselgate yang membelit perusahaan VW membuat niat untuk berekspansi di tanah air menjadi batal karena menggalami kerugian yang amat besar.


Ok, back to topic, BMW dan Mercedes-Benz akan selalu bersebrangan dalam hal apapun. Namun kita bisa membandingkan produk – produknya yang bisa dibilang satu kelas dan masih setara untuk kita bandingkan. BMW selalu konsisten dengan seri 3, seri 5, dan seri 7 untuk pasar tanah air, dan untuk Mercedes-Benz , model C – Class, E – Class, dan S – Class.

Untuk head to head, mudahnya bisa kita lihat dari urutan angka dan abjad, angka untuk janis mobil dari BMW, dan abjad untuk jenis mobil dari Mercedes-Benz. Mudahnya, BMW Seri 3 vs Mercy C – Class, BMW Seri 5 vs Mercy E – Class, dan BMW Seri 7 vs Mercy S – Class. Dari ketiga kelas tersebut BMW dan Mercedes-Benz selalu menawarkan kelebihan dibandingkan kompetitor.


Sumber : www.gaikindo.or.id

Nah, soal data penjualan BMW boleh berbangga hati, karena sepanjang tahun 2016 yang lalu mampu membukukan penjualan dengan angka total 2.102 unit sepanjang tahun 2016 kemarin. Sedangkan Mercedes-Benz masih berada tipis di bawah BMW dengan total penjualan sebanyak 1.977 unit, dan penjualan yang tercatat selama tahun 2017 di bulan Januari dan Februari, angka penjualan BMW dan Mercedes-Benz berada di angka 632 unit untuk Mercy, dan 317 unit untuk BMW.

Bagi kamu penggemar berat dari BMW mungkin akan sedikit kecewa karena total penjualan mobil BMW jauh dibawah pesaing terberatnya jika dilihat dari data tahun 2010 - 2016. Tapi perlu dicatat, Mercedes-Benz juga bekerja sama dengan perusahaan transportasi umum yaitu Taksi, Truk dan Bus. Jadi, bukan hanya soal kualitas ya alasan mengapa angka penjualan BMW lebih rendah dibandingkan dengan Mercedes-Benz.

Dari total data penjualan diatas memang mobil BMW berada dibawah angka penjualan dari mobil Mercedes-Benz. Namun ini bukan berarti mobil BMW tidak lebih baik dari Mercedes-Benz loh. Kembali lagi, ada banyak faktor yang mempengaruhi naik atau turunnnya penjualan sebuah mobil.Namun persaingan antara kedua merek asal Jerman ini selalu tidak akan ada habisnya karena kedua merek masih terus konsisten melahirkan produk – produk terbaru dengan teknologi yang lebih maju dan makin membuat kita semakin nyaman.

(DB/PD)


PESTADISKON, JAKARTA - Pilih Mercy atau BMW? pilihan yang sangat sulit dan dilematis pastinya. Lalu siapakah yang paling baik diantara keduanya?


Related Articles

Partners