Bukan Kopi Luwak, Ini 5 Kopi Termahal di Dunia

Wednesday, January 31st 2018 - Culinary

PESTADISKON, JAKARTA – Kopi apa yang paling mahal di dunia? pasti banyak yang menyebut kopi luwak. Tapi faktanya kini bukan kopi luwak yang memiliki banderol harga paling mahal di dunia.

Kini banyak ragam jenis kopi yang memikat pecinta kopi dunia, tak peduli berapapun harganya, para pecinta kopi rela menebus harga yang tinggi demi rasa kopi yang nikmat. Kopi dari benua Afrika, dan Amerika Tengah menjadi jenis-jenis kopi yang banyak diburu karena memiliki ragam rasa.

Mahalnya harga sebuah kopi bukan terletak pada beragam faktor, diantaranya karena tingkat kesulitan menanam biji kopi, mengolah, hasil fermentasi, dan lain sebagainya. Lalu kopi jenis apakah yang memiliki harga paling mahal? Berikut adalah 5 daftar jenis kopi termahal di dunia


Black Ivory Coffee


foto
Kopi yang satu ini menjadi kopi paling mahal di dunia dengan harga US$ 500 atau setara dengan Rp6,6 juta per pound (453,6 gram). Jika kopi luwak difermentasi oleh binatang luwak (sejenis musang), maka kopi black Ivory ini difermentasi oleh binatang gajah. Kopi ini dinilai memiliki rasa yang sangat fantastis, karena kopi yang dioleh pencernaan gajah dapat mengolah protein biji kopi lalu menciptakan rasa yang sangat nikmat.

Finca El Injerto Coffe


foto
Kopi Finca El Injerto Coffe adalah kopi yang berasal dari daratan Guatemala, kopi ini adalah salah satu kopi yang paling langka di dunia. itulah mengapa kopi Finca El Injerto Coffe memiliki harga yang mahal. Kopi Finca El Injerto Coffe memiliki harga US$ 500 atau sama dengan Rp6,6 juta per 453,6 gram.

Hacienda La Esmeralda Coffee


foto
Kopi yang berasal dari negara Panama ini menjadi kopi dengan harga mahal selanjutnya dengan nilai US$350,25 atau setara dengan Rp 4 juta per 453,6 gram. Ada beberapa faktor kenapa kopi Hacienda La Esmeralda ini menjadi begitu mahal yaitu karena jenis kopi ini sangat susah untuk menanamnya dan sulit pula untuk diolahnya, jadi keberadaannya terhitung sangat langka di dunia ini. Cita rasa kopi ini memiliki cita rasa yang unik dan kuat.

Kopi Luwak


foto
Kopi yang satu ini memang sempat menjadi kopi termahal di dunia karena kenikmatannya dan kesulitan untuk mendapatkannya. Dengan harga US$160 atau setara dengan Rp 2 juta rupiah per 453,6 gram, kopi luwak sempat menjadi kopi paling mahal di dunia sebelum harganya dipatahkan oleh black ivory coffee
Kopi yang banyak dinilai memiliki rasa yang spesial dan sempurna bagi sebagian kalangan ini memang masih menjadi primadona bagi para penikmat kopi di seluruh dunia.

Kopi St. Helena